Rabu, 01 September 2010

Tips untuk Kecantikan Kulit


Kulit merupakan bagian organ tubuh yang terletak dipermukaan paling luar tubuh kita. Ia berfungsi mengatur suhu tubuh, mengeluarkan kotoran hasil metabolisme tubuh melalui keringat, serta mensintesis Vitamin Ddari sinar matahari.

Bagi penampilan, peranan kulit tak diragukan lagi. Meski wajah cantik namun kulitnya bersisik tak sehat, maka ia tak terlihat menarik. Namun sebaliknya, meski wajah biasa saja namun kulit tubuh terawat mulus dan berkilau, maka akan membuat banyak mata terikat padanya.

Untuk memperoleh kulit yang sehat dan normal, kita perlu menjaganya dengan asupan gizi yang seimbang. Menjaga kulit agar tak terlalu berminyak atau terlalu kering, maka diperlukan makanan yang banyak mengandung vitamin E untuk membentuk dan mengganti sel-sel kulit yang rusak serta memberikankesan lembut pada kulit. Vitamin lain yang dibutuhkan untuk merawat kecantikan kulit adalah vitamin A untuk memberi makan pada lemak di bawah kulut dan vitamin C yang berfungsi mempertahankan elastisitas kulit serta mencegah timbuknya kerut.

Selain vitamin, mineral juga sangat penting untuk perawatan kulit. Maka banyaklah minum air putih setiap hari. Agar warna kulit terlihat segar, diperlukan yodium yang terdapat pada hasil laut dan bawang bombay, serta zat besi yang banyak diperoleh pada hati, kuning telur, dan kacang-kacangan.
Protein, khususnya protein nabati juga sangat dianjurkan untuk menjaga kecantikan kulit. Protein nabati banyak terkandung dalam kacang-kacangan, seperti : kedelai, kacang panjang, tahu, tempe, dan yang lainnya.

2 komentar: