Senin, 16 Maret 2009

Orange...!! nYammYy JerUk Och jErukk !!

Waaaaaaaaaa..... nYammY.... pasti sedep tuch !!
Sapa sih yang nggak tahu neh buah ? Anak baru lahir aja pasti udah pada tau tuch ini buah apaan.... ( mungkin ga sih ? ) ngawur ahh.....

Pelajari lagi yuk apaan sich buah jeruk itu, trus apa aja yach vitamin yang terkandung didalamnya ?? Kita kulik bareng yuk??
Tanaman Jeruk adalah tanaman buah tahunan yang berasal dari Asia. Cina dipercaya sebagai tempat pertama kali jeruk tumbuh. Sejak ratusan tahun yang lalu, jeruk sudah tumbuh di Indonesia baik secara alami atau dibudidayakan. Tanaman jeruk yang ada di Indonesia adalah peninggalan orang Belanda yang mendatangkan jeruk manis dan keprok dari Amerika dan Itali.
Jeruk adalah semua tumbuhan berbunga anggota marga Citrus dari suku Rutaceae. Anggotanya berbentuk pohon dengan buah yang berdaging dengan rasa masam yang segar, meskipun banyak diantara anggotanya yang memiliki rasa manis. Rasa masam berasal dari kandungan asam sitrat yang memang menjadi terkandung pada semua anggotanya.

Asal jeruk adalah dari Asia Timur dan Asia Tenggara, membentuk sebuah busur yang membentang dari Jepang terus ke selatan hingga kemudian membelok ke barat ke arah India bagian timur.

Klasifikasi Ilmiah
Nama : Jeruk
Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Upakelas : Rosidae
Ordo : Sapindales
Famili : Rutaceae
Upafamili : Aurantioideae
Bangsa : Citreae
Genus : Citrus

Jenis jeruk lokal yang dibudidayakan di Indonesia adalah
1. Jeruk keprok ( Citrus Reticulata/Nobilis L. )
2. Jeruk Siem ( C. microcarpa L. dan C. sinensis. L )
Jeruk ini terdiri dari Siem Pontianak, Siem Garut, Siem Lumajang.
3. Jeruk manis ( C. auranticum L. dan C. sinensis L. )
4. Jeruk Sitrun/lemon ( C. medica )
5. Jeruk besar ( C. maxima Herr )
yang terdiri atas jeruk Nambangan-Madiun dan Bali
6. Jeruk nipis ( C. aurantifolia )
7. Jeruk Purut ( C. hystrix )
8. Jeruk sambal ( C. hystix ABC )

Vitamin-vitamin yang terkandung dalam buah Jeruk beserta manfaatnya,
Vitamin
Kegunaan
Vitamin C
• Meningkatkan sistem kekebalan
• Memperkuat jaringan tubuh, tulang, pembuluh darah
• Membantu memperbaiki jaringan yang rusak
• Membantu penyerapan zat besi



Carotene (Pro Vitamin A)
• Menjaga kesehatan mata dan kulit
• Membantu pembentukan tulang



Thiamin (Vitamin B1)
• Merubah karbohidrat menjadi glukosa, yang berperan sebagai tenaga bagi sistem syaraf dan otak
• Mengurangi resiko katarak

Buah Jeruk: Sumber mineral
Buah Jeruk juga mengandung banyak mineral, seperti kalsium, fosfor, potasium, dan zat besi. Tabel berikut merupakan khasiat yang terdapat dalam mineral yang terkandung dalam buah jeruk:

Mineral Function
Calcium • Membantu pembentukan tulang dan gigi serta mengatasi masalah pembekuan darah
• Menstabilkan reaksi otot dan syaraf
Phosphorus • Membantu pembentukan tulang dan gigi
Potassium • Membantu menjaga sirkulasi tubuh
• Memperbaiki metabolisme sel dan otak
Iron • Membentuk sel darah merah



Vitamin yang paling dikenal dalam buah jeruk adalah vitamin C. Hasil penelitian terbaru menunjukan bahwa vitamin C daapt mencegah kenaikan LDL reroksida(faktor penyebab berkembangnya penyakit jantung). Selain itu, vitamin C yang terdapat dalam buah-buahan termasuk jeruk dapat memberikan perlindungan tubuh terhadap kanker.

Buah jeruk yang kaya akan vitamin C, juga dapat memberikan efek pencegahan dan penyembuhan terhadap penyakit seperti perngeroposan tulang, asma, gangguan fungsi kognitif dan batu ginjal. Tetapi sayangnya masih diperlukan riset lebih lanjut untuk membuktikannya.

Vitamin esensial larut air lainnya yang terkandung dalam jeruk adalah folat. Vitamin ini membantu produksi DNA dan RNA serta pematangan sel-sel darah merah, yang pada akhirnya dapat mencegah anemia. Selain itu jeruk juga mengandung beberapa jenis mineral, salah satunya adalah potasium. Mineral esensial ini berperan memelihara keseimbangan asam dan air dalam tubuh dan menjaga tekanan darah normal.

Selain buah jeruk, tentunya kita juga mengenal jeruk nipis yang berbentuk bulat, kecil, kulit luarnya nampak kehijauan dan rasanya asam namun menyegarkan. Nah di sini saya juga akan membahas tentang manfaat jeruk nipis. Tentunya ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh jeruk nipis ini. Buah jeruk merupakan sumber yang kaya akan vitamin C, namun untuk buah yang satu ini ternyata tidak hanya kaya akan vitamin C tetapi juga zat-zat lain yang menyebabkan buah ini banyak digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit maupun untuk kecantikan.Nah saya akan membahas manfaatnya satu persatu.

1.BATU GINJAL

Beberapa penelitian terakhir menunjukkan bahwa jeruk nipis mempunyai manfaat mencegah kekambuhan batu ginjal, khususnya batu ginjal kalsium idiopatik. Menurut laporan tersebut, dengan mengkonsumsi jeruk nipis timbulnya batu ginjal bisa dicegah.

2.Batuk dan influenza

Penyakit ini terjadi karena menurunnya daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman dapat dengan mudah berkembang dalam tubuh kita. Kandungan vitamin C yang tinggi dari jeruk nipis sangat berguna dalam meningkatkan daya tahan tubuh sehingga kuman-kuman patogen (kuman yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit) dapat dimatikan oleh tubuh.Biasanya orang menggunakannya dengan cara membelah buah jeruk nipis, kemudian permukaan belahannya diberi olesan kapur sirih. Lalu dipanaskan, sebelum akhirnya perasan airnya diminum bersama air jernih. Resep ini juga berguna sebagai pemaksa keluarnya dahak.

3.KETEGANGAN OTOT TANGAN, KAKI, BAGIAN TUBUH LAINNYA

Kandungan kalsium dan lisin dalam jeruk nipis dapat mempengaruhi kerja otot sehingga otot-otot menjadi lebih rileks. Digunakan dengan cara menggosokkan bagian yang pegal memakai perasan jeruk nipis ditambah dengan sedikit air. Atau dengan merendam bagian yang pegal di air perasan buah jeruk yang telah ditambah air hangat di dalam ember kecil.

4.KECANTIKAN KULIT

Kulit adalah pertahanan tubuh yang paling luar untuk mencegah masuknya kuman ke dalam tubuh kita. Oleh karena itu kulit sangatlah penting dan harus dijaga agar tetap sehat, selain juga untuk kecantikan.Pada buah jeruk nipis ini, banyak terkandung vitamin C yang berfungsi sebagai antioksidan dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap stress, vitamin A untuk meningkatkan daya tahan kulit terhadap infeksi, air yang sangat dibutuhkan oleh tubuh mengingat 90% dari tubuh kita terdiri atas air, dan protein yang berguna untuk memperbaiki jaringan tubuh yang mengalami kerusakan ataupun memperbaharui jaringan yang sudah tua. Dan dengan kandungan zat-zat lainnya, jeruk nipis dapat memberikan nutrisi yang baik untuk kulit sehingga membuat kulit nampak lebih bersih, segar, halus, putih dan pori-pori mengecil.Hal ini dapat dilakukan dengan cara meletakkan dan mengusapkan potongan buah jeruk nipis yang masih segar kepada kulit.

Dan masih banyak penyakit yang dapat diobati dengan jeruk nipis ini, seperti amandel, ambien, malaria, mimisan, sesak nafas, sakit panas, sembelit, terlambat haid, perut mules saat haid, dan perut mual. Juga dapat untuk membersihkan nikotin yang terdapat pada gigi dan mulut orang yang suka merokok, membuat kuku bersih dan cemerlang, menghilangkan ketombe, mencegah rambut rontok, mengkilatkan kembali barang-barang yang terbuat dari kuningan serta logam lainnya dan sebagai penyedap masakan.

Hadoch-hadoch.... keren juga yach ?^^ banyakin makan buah jeruk dech.... hehehehe.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar